WELCOME AND THANK YOU FOR YOUR VISIT - WWW.NOT-IDENTITY.BLOGSPOT.COM

Thursday, December 24, 2009

TIPS MENGELOLA STRES

Sebelum menyimak tips berikut, Cek dulu Tanda-tanda Stres berikut..


Gejala Fisik

Merasa lelah, insomnia, nyeri kepala, otot kaku dan tegang (terutama leher/tengkuk, bahu, dan punggung bawah), berdebar-debar, nyeri dada, napas pendek, gangguan lambung dan pencernaan, mual, gemetar, tangan dan kaki merasa dingin, wajah terasa panas, berkeringat, sering flu, dan menstruasi terganggu.

Karena gejala fisik ini mungkin ada kaitannya dengan penyakit fisik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan bahwa gejala fisik tersebut disebabkan oleh stres.


Gejala Mental

Berkurangnya konsentrasi dan daya ingat, ragu-ragu, bingung, pikiran penuh atau kosong, kehilangan rasa humor (wah kebayang) hehe...


Gejala Emosi

Cemas (pada berbagai situasi), depresi, putus asa, mudah marah, ketakutan, frustrasi, tiba-tiba menangis, fobia, rendah diri, merasa tak berdaya, menarik diri dari pergaulan, dan menghindari kegiatan yang sebelumnya disenangi.


Gejala Perilaku

Mondar-mandir, gelisah, menggigit kuku (jorok), menggerak-gerakkan anggota badan atau jari-jari, perubahan pola makan, merokok, minum minuman keras, menangis, berteriak, mengumpat, bahkan melempar barang atau memukul.


Apakah anda mengalami tanda-tanda diatas???


Kebanyakan dari kita pernah merasakan stress dalam kegiatan kita sehari-hari; di tempat kerja, di rumah, maupun di dalam perjalanan.


Dalam jumlah yang kecil, stress bermanfaat loh. dapat membantu kita untuk memusatkan perhatian dan kinerja kita. tapi kalo kebanyakan stress akan menurunkan kinerja kita dan mengganggu kesehatan kita

Salah satu gejala utama dari terjadinya stress yang kronis adalah kemarahan, yang dapat meledak setiap saat.


Konsekuensi sosial dan emosional yang muncul karena membiarkan stress berkembang adalah signifikan. Bila stress tidak dikelola dengan baik dapat memberikan kontribusi terhadap munculnya kemarahan yang tidak masuk akal, penyalah-gunaan obat-obatan dan alkohol, dan kadang-kadang perilaku kekerasan.


Stress yang kronis mempunyai dampak jangka panjang terhadap kesehatan seseorang. Stress telah banyak dikaitkan dengan terjadinya serangan jantung, stroke, kemungkinan melemahnya sistim kekebalan tubuh, dan bahkan penyakit seperti kanker..wah jangan sampe..


Bagi anda yang memiliki tanda-tanda diatas Berikut Sedikit tips untuk meringankan stres anda.. agar kita terhindar dari resiko diatas..


Putar & Dengar Lagu Kesayangan Meski dalam kondisi sibuk atau dalam perjalanan, anda tetap bisa mendengarkan lagu-lagu favorit, Ikutlah bersenandung dan biarkan musik menyejukkan hati Anda.


Olah Raga Teratur. Olah raga adalah kunci untuk mengurangi stress!. Berdasarkan Dr. David Posen : “Tidak ada yang menyangkal olah raga aerobik sebagai satu cara menyalurkan energi kala kita stress”. Olah raga secara umum direkomendasikan kita lakukan dalam bentuk aerobik paling tidak selama 20 menit, tiga kali seminggu. Jika anda belum berolah raga, temukan aktifitas yang bekerja baik bagi anda dan mulailah lakukan!.


Bergerak. Lakukan jalan cepat, walaupun hanya jalan – jalan di seputar ruangan atau kamar mandi. Hal itu berguna untuk membantu melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur juga dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stres.


Makan Sehat Makanan-makanan dengan kadar lemak rendah dan karbohidrat tinggi seperti donat, popcorn, kue-kue kering serta kue dari bahan beras, merangsang zat-zat kimia dari otak kita yang membantu menyejukkan bila sedang stres.


Penuhi Kebutuhan Jiwa Luangkan waktu untuk diri sendiri. Tidur atau menonton film percintaan yang romantis, membaca surat-surat lama, atau apa saja. Biarkan hari itu terbebas dari rutinitas.


Tertawa Tonton film-film komedi, duduk santai, dan tertawa merupakan salah satu cara yang baik untuk kesehatan. Tertawa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang menyebabkan otak mengendurkan stres.


Berteriak dan menjerit. Pergilah ke suatu tempat pribadi lalu berteriak dan menjerit sepuasnya. Cara itu dapat dipakai untuk terapi pereda stres.


Luangkan Waktu Bersama Sahabat Sambil minum kopi atau teh hangat, nikmati kebersamaan dengan sahabat wanita, bercerita tentang apa saja. Wanita merasakan kenyamanan, dukungan, dan kedekatan tersendiri bila berada bersama-sama teman wanitanya.


Meditasi Meditasi mengurangi tekanan darah dan secara dramatis membantu mengurangi tingkatan stres Anda. jadi mulai lah meditasi..


Ciptakan Ritual Ciptakan ritual yang menimbulkan kenyamanan, seperti duduk berdua dengan pasangan dan berbagi teh hangat dari cangkir yang sama.. kaya iklan produsen teh ... senang kan melihatnya.


Tidur Siang Waktu yang hanya 20 menit untuk tidur siang dapat membuat Anda merasa segar kembali dan lebih bersemangat sepanjang hari.. tapi jangan keterusan..hehe


Berhubungan Intim Berhubungan badan akan membuat diri merasa relaks, terutama seks yang memuaskan akan memberikan relaksasi yang mendalam. Tapi ingat hanya untuk yang sudah menikah. Bagi yang belum ayo cepat nikah...hehe..


Mudah-mudahan tips sederhana ini dapat mengelola stres anda, minimal mengurangi stress yang berlebih.

0 comments:

di tunggu comment'a y, kalau tidak Punya Id diatas, comment di Shoutbox aJah y..thx b4
 

Copyright © 2009 by tCha

My social network : facebook | twitter | posts